. . . . . Welcome to "Gudang Ilmu Matematika" . . . You can learn more about Mathematics . . . . . .

Jumat, 13 Februari 2015

Matematika



      Matematika, . . .  ya banyak diantara kita menganggap "matematika" merupakan pelajaran yang sulit, namun bila kita melihat sekilas info mengenai matematika maka hal ini akan menjadi pertimbangan untuk mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang "sulit". Berikut akan dijelaskan sekilas mengenai matematika.
       Matematika (dari bahasa yunani:mathēmatiká) adalah studi yang mempelajari besaran, struktur, ruang dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola untuk merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode  yang ketat diturunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.
Terjadi perdebatan tentang apakah objek-objek matematika seperti bilangan dan titik sudah ada di semesta, jadi ditemukan, atau ciptaan manusia. Seorang matematikawan Benjamin Peirce  menyebut matematika sebagai "ilmu yang menggambarkan simpulan-simpulan yang penting". Namun, walau matematika pada kenyataannya sangat bermanfaat bagi kehidupan, perkembangan sains dan teknologi, sampai upaya melestarikan alam, matematika hidup di alam gagasan, bukan di realita atau kenyataan. Dengan tepat, Albert Einstein menyatakan bahwa "sejauh hukum-hukum matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti; dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan."Makna dari "Matematika tak merujuk kepada kenyataan" menyampaikan pesan bahwa gagasan matematika itu ideal dan steril atau terhindar dari pengaruh manusia. Uniknya, kebebasannya dari kenyataan dan pengaruh manusia ini nantinya justru memungkinkan penyimpulan pernyataan bahwa semesta ini merupakan sebuah struktur matematika, menurut Max Tegmark. Jika kita percaya bahwa realita di luar semesta ini haruslah bebas dari pengaruh manusia, maka harus struktur matematika lah semesta itu.
Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Matematika praktis mewujud dalam kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulis. Argumentasi matematika yang ketat pertama muncul di dalam Matematika Yunani, terutama di dalam karya Euclid, Elemen.
Kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran/medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi dan psikologi.
Setelah membaca sekilas info tentang matematika diatas, pemahaman tentang matematika berpusat pada aksioma dan definisi. Jadi jika kita paham dengan maksud definisi ataupun aksioma maka matematika bukanlah hal sulit lagi. 


Reference :
http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika

2 komentar: